CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 22 Juni 2012

Web Design for Mom


Apa sih sesungguhnya peluang membuat website berbasis waktu (web blog atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah blog) untuk para ibu? Banyak hal luar biasa yang bisa dilahirkan dari sebuah blog. Beberapa di antaranya adalah:
Blog sebagai Catatan Personal
Peluang pertama dari sebuah blog adalah menjadikan blog sebagai tempat menaruh kisah keseharian, catatan personal atau diari online. Materinya bisa diakses dari mana saja selama ada jaringan internet, interaktif pula sehingga bisa menambah semangat dalam menorehkan catatan harian kita. Aku termasuk orang yang percaya kalau catatan personal (diari) itu adalah harta karun luar biasa, apalagi jika dibaca sekian puluh tahun dari saat ini. Blog adalah catatan sejarah. Momen yang terekam dalam setiap kata & gambar yang dipasang di blog menjadi kekayaan sendiri untuk para ibu.
Blog sebagai tempat Berbagi Ilmu
Saat ini internet menjadi tempat belajar yang sangat kaya. Rasanya hampir setiap hal bisa kita tanyakan dengan mudah ke mbah google. Internet telah mendorong banyak orang di seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan mereka. Untuk berbagi tidak harus menjadi ahli dulu. Siapapun bisa melakukannya.
Sebagai ibu, kita pun berbagi pengetahuan yang kita miliki lewat blog. Setiap ibu pasti punya ilmunya sendiri-sendiri, dari mulai resep andalan, tips mengatur rumah, tutorial menjahit sampai caranya berpakaian yang cantik tapi tetap santun. Semua bisa dengan mudah dibagi melalui blog. Belum ilmu para ibu yang diperoleh dari sekolah atau yang berkaitan dengan dunia profesinya.
Apa untungnya berbagi ilmu di internet? Selain menjadi karya bakti untuk sesama, berbagi ilmu melalui blog juga akan menambah pertemanan dan membangun jejaring bersama orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan materi yang kita tulis di blog. Dari komentar yang masuk, kita juga bisa membangun hubungan dan saling belajar. Itu tadi manfaat dari sisi sosial. Dari sisi komersial, sebuah blog bisa menjadi buku, membuat ibu menjadi dikenal, dan bisa jadi memperoleh penghasilan-penghasilan tambahan.
Blog sebagai tempat Bisnis
Jalan yang macet, kesibukan mengurus anak, kurangnya waktu dan aneka keterbatasan lain kini membuat toko online semakin menjamur. Banyak orang mulai memilih lebih praktis membeli secara online barang-barang kebutuhan mereka. Hal ini bisa jadi peluang bisnis untuk para ibu semua.
Nah, blog juga bisa diformat bukan hanya menjadi ajang eksis dan narsis, tetapi bisa menjadi sebuah sarana untuk berbisnis.
Membuka sendiri toko online, menjadi penulis/penterjemah, menjual jasa (penjualan rumah, pembuatan website, disain dll), atau apapun yang bisa ditransaksikan secara online bisa ibu-ibu kerjakan dari rumah sambil tetap menjaga sang buah hati.
Blog sebagai Gerakan Sosial
Jangan sangka kita harus selalu turun ke jalan untuk "demo" untuk membuat sebuah gerakan sosial. Melalui internet dan blog, kita bisa membuat sebuah gerakan yang membawa perubahan masyarakat pada aspek yang menjadi perhatian kita. Melalui blog kita bisa menuangkan apa yang menjadi perhatian kita, pendapat kita, solusi, ide, renungan atau gerakan yang kita anggap bisa membawa masyarakat menjadi yang lebih baik. Banyak gerakan-gerakan sosial yang terlahir melalui blog dan kegiatan online di Internet, misalnya: Indonesia Bercerita, Bincang Edukasi, Blood for Life, dan lain-lain.
Salah satu yang bisa kita lakukan bersama saat ini adalah mengkampanyekan "Ibu Profesional" kepada semakin banyak ibu-ibu di seluruh Indonesia, menyatukan hati, visi dan misi, saling menginspirasi & menguatkan untuk membangun keluarga yang cerdas, mandiri & bahagia.
***
Untuk itu aku mengajak ibu-ibu semua untuk mulai menulis, mulai membuat blog. Banyak platform blog gratis yang sekarang ada di internet. Ada Blogger, Wordpress, Multiply dll. Kali ini aku akan membahas mengenai Blogspot/Blogger. Sebuah layanan blogging dari Google.
Aku suka Blogger karena GRATIS, Fleksibel, gampang sekali & jaringannya menempel pada Google, jadi memudahkan situs kita terdeteksi oleh mbah Google :)
Proses pembuatan Blog di Blogger:
Pergi ke www.blogger.com
=> Tutorial: http://bit.ly/buatblogger
=> Video tutorial: http://youtu.be/UF4q0JSdhFE
Pilih template blogger
=> Tutorial: http://bit.ly/GantiTemplate
Sumber Template Gratis:
=> http://bit.ly/stylishtemplates
=> http://btemplates.com/
=> Google kata kunci: Free Blogger Theme
=> Video tutorial:
http://youtu.be/XBqOGrNMRgM
http://youtu.be/Lr1NGLIiTTE
***
Blogger versi baru menyajikan banyak tambahan fleksibilitas & kemudahan. Salah satunya adalah kemudahan mendisain sendiri blog kita tanpa harus mengganti dengan template khusus. Situsku yang berisi banyak materi Digital Scrapbook Gratis: LalaDigiScrap dibuat menggunakan Blogger dengan template dasar. Yang kulakukan hanya mengganti gambar background, header & font.
Berikut video tutorial cara modifikasi disain template Blogger dengan bantuan Blogger Template Designer:
http://youtu.be/i2CJz7QwMfY
http://youtu.be/K0KLAFQtpBo
Hal menarik berikutnya adalah tersedianya widget yang memungkinkan kita untuk menambah aneka gadget/alat bantu untuk menambah fitur-fitur pada blog kita. Cara menggunakan widget pada blogger bisa dilihat tutorialnya di sini:
Video Tutorial: http://youtu.be/HmvFiy6pY1o
Salah satu widget yang paling banyak fungsinya adalah HTML Text Widget. Dengan HTML Text Widget, kita bisa memasang gambar, mengintegrasikan blog dengan media sosial lain, memasang lagu, slideshow, Twitter/Facebook timeline, chatbox, statistik dll.
Berikut beberapa gadget/sumber materi yang bisa kita pasang melalui HTML Text Widget:
Pesan pengunjung/chatbox:
=> Tutorial: http://bit.ly/PasangChatBox
Pilihan ChatBox:
=> http://cbox.ws/
=> http://www.freeshoutbox.net/
Widget Komunikasi:
Yahoo Messenger: http://bit.ly/PasangYM
Google Talk: http://bit.ly/PasangGoogleTalk
Pasang Skype: http://bit.ly/PasangSkype
Pasang MeeBoMe: http://www.meebome.com/
***
Untuk menambah kredibilitas blog kita, kita bisa menghilangkan ekstensi .blogspot.com pada blog kita. Misalnya http://laladigiscrap.blogspot.com menjadi http://laladigiscrap.com. Caranya adalah dengan membeli domain dan mengaturnya menjadi nama blog kita. Biaya penyewaan domain (dot com) itu sekitar Rp. 120 ribu/tahun
Tutorial berikut bahkan memakain domain gratis co.cc:
Tutorial: http://bit.ly/MenggantiDomain
Video Tutorial: http://youtu.be/4Xq0eY8ebjo
Selamat membuat blog yaaa.. Buat teman-teman yang sudah memiliki blog di Blogger, ayo kita berjejaring. Kita bisa saling "follow" melalui Google Friend Connect yang biasanya ada di sidebar masing-masing. Dengan ini aku pun mengundang teman2 semua untuk main kehttp://laladigiscrap.com => isinya aneka materi digital scrapbook lengkap dengan tutorialnya.
Salam,
Lala ^_^

0 komentar:

Posting Komentar