CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 13 Maret 2012

MENGENAL INSTITUT IBU PROFESIONAL

Berawal dari kepedulian Bunda Septi terhadap peningkatan kualitas kaum ibu di Indonesia, maka terlahirlah Institut Ibu Profesional. INSTITUT IBU PROFESIONAL (IIP) adalah komunitas para ibu yang memiliki kepedulian tinggi terhadap peningkatan kualitas hidup berbangsa dan bernegara melalui pendidikan anak dan keluarga. Keluarga adalah pondasi utama dari suatu negara. Apabila suatu negara terdiri dari kumpulan keluarga yang berkualitas, maka otomatis negara tersebut akan menjadi negara yang berkualitas pula. Sedangkan seorang Ibu adalah pilar utama dari sebuah keluarga. Dia akan sangat menentukan baik buruknya sebuah keluarga. Seorang Ibu yang cerdas akan mengeluarkan output berupa keluarga yang cerdas pula. Sedangkan seorang ibu yang apa adanya akan mengeluarkan output berupa keluarga yang apa adanya juga. Oleh karena itu pendidikan bagi seorang Ibu sangatlah penting. Karena dapat dikatakan bahwa seorang ibu secara tidak langsung adalah pilar utama sebuah negara.
Institut Ibu Profesional berusaha mewujudkan sosok ibu profesional tersebut dengan cara membekali para Ibu dengan ilmu-ilmu parenting, edukasi, psikologi, komunikasi, kesehatan, keuangan dll. Ibu Profesional adalah seorang pembelajar sejati yang tak pernah berhenti belajar memperbaiki diri. Guna mewujudkan sosok pembelajar sejati ini Institut Ibu Profesional mengadakan perkuliahan dan kegiatan sebagai berikut :

Bunda Sayang
Kegiatan dalam mengembangkan materi, teknologi, metode, peralatan dan pelatihan dalam melatih dan mengembangkan ketrampilan dasar anak . Kegiatan ini berupa kuliah rutin seminggu sekali. Kuliah berupa pembekalan Ilmu dan ketrampilan dasar dalam mendidik anak seperti belajar membaca dengan gembira, matematika yang mudah dan menyenangkan, mengaji dengan sukacita, megembangkan kreativitas anak, pola komunikasi yang sehat, bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Bunda Cekatan
Kegiatan dalam mengembangkan materi, teknologi, metode, peralatan, dan pelatihan dalam mengembangkan potensi diri perempuan sebagai individu, ibu, dan istri. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam mengelola rumah tangga seperti menata rumah yang sehat, menyusun menu 10 hari, safety riding/safety driving, berinternet secara sehat, dan lain-lain.

Bunda Produktif
Kegiatan dalam mengembangkan potensi ekonomi para perempuan melalui pelatihan, pengadaan sarana, jaringan, dan pendanaan. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam mengelola financial keluarga dan kewirausahaan. Para ibu akan membangun jejaring ekonomi sehingga dapat mandiri secara financial.

Bunda Shalihah
Kegiatan dalam menumbuhkan karakter dan profesionalitas para perempuan/ibu. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam meningkatkan kualitas spiritual. Para ibu akan didorong untuk bersedekah ilmu secara lebih intensif.

Perempuan \ Perempuan
Pendidikan dan pelatihan bagi perempuan yang belum menikah, menyongsong pernikahan, dan pengantin baru guna mempersiapkan diri menjadi Ibu Profesional

Khasanah Ibu Profesional
Bank data yang berisikan informasi para ibu yang berhasil mengaktualisasikan diri sebagai Ibu Profesional dan contoh-contoh perilaku dan aktivitasnya.

Konsultansi Ibu Profesional
Konsultansi perempuan berkenaan dengan upaya menjadi Ibu Profesional dan permasalahan yang dihadapinya

Penelitian Ibu Profesional
Penelitian dalam perkembangan perempuan, aktivitas, hak-hak

Komunikasi Ibu Profesional
 Video
 Majalah
 Website (www.ibuprofesional.org dan FB : Institut Ibu Profesional)
 Televisi
 Radio
 Radio komunitas
 Dll

Sifat Organisasi
Terbuka dan tidak SARA. Tidak berpihak pada partai dan aliran politik

Kebijakan Dana
Dana diperoleh dari sumber-sumber yang sah, halal, baik dan tidak bersyarat mengikat:
Kegiatan Produktif
• Training/Seminar/dll
• Event
• Konsultansi
• Majalah/Buletin
• Video
• Informasi
• Sarana dan Alat Pendidikan
• Merchandise
• Dll

Semua kegiatan Institut Ibu Profesional ini dilaksanakan dari, oleh dan untuk para ibu. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas para ibu khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kami mengajak semua kaum Ibu di Indonesia untuk mengakselerasi hidup dengan cara bergabung bersama kami, belajar bersama-sama untuk memperbaiki diri dan keluarga.
Saat ini kegiatan Institut Ibu Profesional sudah dilaksanakan secara intensif di 2 tempat yaitu:

Di Salatiga:
 Kuliah Rutin setiap hari Rabu. Kelas pagi diselenggarakan pada jam 09.00 – 10.30, kelas sore jam 15.30 – 17.00. Setiap kelas dihadiri oleh 30 ibu. Bertempat di kediaman Ibu Septi, Jl Margosari Pr 4 Salatiga.
 Kuliah Umum yang diikuti oleh seluruh anggota keluarga, ibu, bapak dan anak-anak setiap bulan, pada hari Minggu di minggu pertama. Pesertanya sekitar 120 keluarga. Biasanya dilaksanakan di School of Life Lebah Putih.

Di Singapore:
 Distance Learning melalui video conference setiap hari Senin jam 09.00 – 10.00 WIB, diikuti oleh 40 - 50 ibu di Singapore.
Family Gathering sebulan sekali berupa kuliah tatap-muka untuk ibu dan bapak, serta sarang kreasi untuk anak-anak

Semua kegiatan perkuliahan dan aktivitas Institut Ibu Profesional bertujuan untuk membentuk suatu komunitas perempuan yang tangguh, memiliki rasa percaya diri tinggi, terus-menerus mengembangkan diri, memahami dan terampil dalam membina dan mengembangkan anak, mengelola keluarga, dan memiliki akhlak yang mulia. Model Ibu Profesional seperti ini tentu tidak bisa diwujudkan secara instan, perlu waktu dan usaha sungguh-sungguh untuk mewujudkannya.


Itulah sekelumit gambaran tentang Institut Ibu Profesional. Bagi anda yang tertarik bergabung bersama kami, caranya sangat mudah. Anda cukup mengisi formulir pendaftaran dan mengganti biaya cetak membercard sebesar Rp. 20.000,- maka secara otomatis anda sudah terdaftar sebagai anggota. Atau anda berminat untuk membuka cabang di kota anda, kami persilahkan untuk menghubungi Humas kami.

Alhamdulillah saat ini sudah dibuka Institut Ibu Profesional di beberapa kota, yaitu sebagai berikut :

1. Institut Ibu Profesional Salatiga
Jalan Margosari PR 4 Salatiga
telp : 0298 - 326217
mobile : 0888 2500 440
email : ibuprofesional@gmail.com
PIC : Ibu Dian Farida Anies ( FB : Dian Farida Anies)

2. Institut Ibu Profesional Singapore
774 Bedok Reservoir Road #03 - 113
Singapore
telp : +65 902751526
email : novifitriani@gmail.com
PIC : Novi Fitriani (FB: Novi Fitriani )

3. Institut Ibu Profesional Jogjakarta
Kanoman RT 04 Rw 05 no 11 B
Banyuraden Gamping Sleman Jogjakarta
Telp/Hp : 0813 9180 3748
email :dian_manisqu@yahoo.com
PIC : Dian Purwaningsih ( FB: Dian Pamungkas)

4.Institut Ibu Profesional Rengas Dengklok
Perum Pratama Asri Blok C / 23 Bedeng Rengasdengklok
Telp :0852 8331 3485
email : ibuprofesionalrengasdengklok@yahoo.com
PIC : Lina Prihatin (FB: Lina Ibune Azzam)


Inilah saatnya kita mengakselerasi hidup dan membuat hidup lebih bermakna dengan cara memperbaiki diri tiada henti untuk mempersembahkan yang terbaik dari diri kita bagi kemajuan keluarga, agama, negara dan bangsa.....salam Ibu Profesional!

0 komentar:

Posting Komentar