CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 03 Maret 2012

LIMITED EDITION


"Limited Edition".... kata itu membuat saya tersadar bahwa semua manusia adalah edisi khusus dari Allah SWT yang tidak akan ada serinya lagi. Dan itu membuat kepercayaan diri saya tumbuh lagi setelah beberapa waktu ini hampir hilang. Dimana selama saya sakit, saya merasa rapuh, tidak berguna dan kurang bersemangat.

Saat Bunda Septi berkata tentang hal itu, saya baru sadar dan menyadari bahwa walaupun saya sakit atau apapun keadaan saya ternyata saya adalah Edisi Khusus dari Allah dan harusnya saya berbangga diri karenanya. Tidak akan ada orang sedunia ini yang benar-benar sama walau kembar sekalipun pasti mereka memiliki perbedaaan. Oleh karena kita adalah Limited Edition dari Allah maka seyogyanya kita harus bisa menjadi orang yang dicari banyak orang dan menjadikan diri kita terbaik dalam edisi kita.

Badan boleh sakit tetapi ruh / pikiran kita janganlah sampai ikut sakit. Kita mudik kembali kepada-Nya itu pasti, hanya kapan waktunya tidak ada seorangpun yang pernah tahu. Dan tiket untuk mendapatkan Mudik Asyik adalah suami dan anak-anak kita. Maka dari itu saya ingin sekali menjadi ibu dan istri yang didambakan dalam keluarga saya. Saya mempunyai suami yang gagah, ganteng. setia. Saya juga mempunyai anak yang tampan, keren dan luar biasa. Tetapi kenapa saya selalu menilai keburukan dari mereka dan jarang mencatat kebaikan-kebaikan mereka. Jadi yang ada hanya kurang, kurang dan kurang.

Ternyata benar kata Bapak Bambang Nugroho : segala sesuatu itu tergantung diri kita untuk mengatur hati dan pikiran/ persepsi kita masing-masing. Apakah mau melihat sesuatu dari kacamata positif ataukah sebaliknya yaitu negatif. Pantas saja saya sering migren karena otak saya lebih banyak bekerja yang sebelah kiri. Yang menyebabkan bekerjanya otak saya kurang seimbang. Apalagi setelah melihat anak-anak didik Pak Ciptono saat kuliah umum "Menjadi Guru Luar Biasa", rasanya saya ingin menangis dan dalam hati saya penuh kekaguman pada mereka. Memang secara fisik mereka terlihat cacat tetapi di dalamnya mereka benar-benar mutiara. Mutiara Berbalut Lumpur.

Walaupu saya sepertnya lebih normal dari mereka tetapi saya merasa banyak kekurangan. Jangankan membaca syair selantang bagus di suruh maju ke depan saja saya mesosolen apalagi disuruh nyanyi atau goyang seperti Chintami pasti saya ngewel-ngewel.Dengan melihat mereka saya merasa sebaliknya dengan apa yang dilakukan Pak Ciptono. Kalau Pak Cip mengosok mutiara yang berbalut lumpur sedangkan kondisi saya adalah saya sudah mendapatkan mutiara tetapi justru saya kotori dengan lumpur. Maafkan Ibu, Derby.....................!!!! Derby adalah anak yang hebat, Derby adalah anak yang luar biasa.

Setelah mendapatkan pelajaran yang luar biasa selama di Insitut Ibu Profesional, saya mencoba dan berusaha perlan-pelan merubah persepsi saya. Kalau dulu saya sering membanding-bandingkan Derby dengan anak lain sekarang saya lebih bisa melihat kelebihan-kelebihan yang ada padanya. Kalau dulu Derby mau mencoba/membuat apa-apa serba tidak boleh, sekarang jadi saya perbolehkan dia berexplorasi. Seperti mengoreng telur sendiri, belajar membuat nasi goreng bahkan sekarang Derby bisa membuatkan kopi ayahnya dan membuat susu untuk adik Darren. Kalau dulu saya sering marah, sekarang saya lebih bisa ngerem. Kalau dulu Derbi takut kalau disuruh belajar, sekarang justru minta belajar karena saya membuatnya sambil bermain.

Reaksi anak dan keluarga terhadap perubahan saya pastinya mereka senang sekali dan Derbi lebih ceria dan memiliki semangat belajar. Dan suamipun juga jadi senang dan bangga, karena walaupun sedikit perubahan pada diri kita pasti akan menimbulkan perubahan yang luar biasa pada sekitar kita.

Selama di Institut Ibu Profesional, saya bisa kenal, berteman dan belajar dengan orang-orang hebat tentang banyak hal dan pelajaran yang saya dapatkan dari mereka. Kalau dulu saya sangat loyo baik mental maupun fisik sekarang saya lebih memiliki kekuatan. Kalau dulu pengertian sabar yang saya tahu adalah menerima keadaan / sesuatu dengan sabar tetapi kalau sekarang saya tahu bahwa sabar yang sebenarnya adalah tidak akan pernah menyerah pada keadaan. Tetap berusaha sampai tujuan itu bisa kita capai. Dengan itu saya benar-benar punya kekuatan karena beberapa tahun ini kehidupan kami baru berat-beratnya menerima ujian baik secara ekonomi, kesehatan, keluarga dan banyak lagi. Semakin saya berusaha untuk ingin baik, semakin berat cobaan. Di saat tubuh ini merasakan sakit, pikiran berat, keuangan benar-benar nol disinilah saya bisa mempraktekkan arti sabar tersebut. Saya harus kuat, saya harus tetap berusaha dan bisa meraih apa yang saya inginkan. Kalau saya menyerah dan berhenti sampai di sini. Saya tidak akan pernah melihat/mencapai dan menemukan apa yang saya harapkan. Kalau kata Bu Septi : Ibarat mengayuh sepeda di saat jalan penuh tanjakan dan rintangan. Di saat tidak kuat untuk mengayuh lagi kalau kita berhenti berarti sudah cukup sampai di situ. Tetapi kalau kita terus mengayuh dan berusaha kita akan menemukan jalan yang lurus bahkan turunan sehingga tanpa mengayuhpun nantinya kita bisa turun dengan enak dan si saat itulah kita akan merasakan keadaan/ kepuasan yang luar biasa karena kita berhasil melaluinya.

Rencana kedepan saya untuk membesarkan Institut Ibu Profesional adalah bahwa kita sebagai ibu rumah tangga bisa bergandengan tangan bersama-sama mewujudkan dan menunjukkan bahwa kita bisa hebat dan memliliki kemampuan yang tidak kalah tanpa harus memiliki profesi lain yang biasa dianggap lebih bergensi daripada sekedar Ibu Rumah Tangga.

Dan rasanya ingin sekali saya bisa menyalurkan hobi masak saya bersama Para Ibu Profesional, dimana mungkin suatu hari kita bisa membuka restoran di Salatiga. Memperkenalkan masakan-masakan Indonesia kepada para orang asing ataupun wisatawan lokal.

Satu kisah lagi tentang Derbi. Suatu hari Derbi mengeluh pada saya," Buk.....sekolah di Lebah Putih itu banyak enaknya tetapi ndak enaknya cuma satu. Coba Ibu tebak!! Salah ndak apa-apa".

Terus saya berpikir kira-kira apa ya.....?

"Temene nakal ?" tebak saya. Tetapi Derbi berkata bukan

"Gurunya galak ?"..... Juga bukan kata Derbi

"Lalu apa bi ?" Ibu nyerah tidak tahu

Ternyata Derbi bilang "Kenapa ya kalau hari Sabtu kok libur, kalau masuk khan seneng."

Wow.....saya tertawa dan heran mendengar jawaban Derbi. Jadi bagi saya Bu Septi telah sukses membuat sebuah Sekolah Yang Dicintai Muridnya. Two Thumbs untuk Bu Septi. Mudah-mudahan di Institut Ibu Profesional juga merasakan hal yang sama seperti Derbi. Kalau ada Liburnya akan merasa galau muridnya.

Ditulis dan Dipresentasikan

Dalam Ujian Kenaikan Tingkat Bunda Sayang ke Bunda Cekatan

oleh Nanik

0 komentar:

Posting Komentar